Pengertian Metabolisme, Fungsi Enzim dalam Proses Metabolisme, Jenis-Jenis Metabolisme

Pengertian Metabolisme, Fungsi Enzim dalam Proses Metabolisme, Jenis-Jenis Metabolisme - Metabolisme adalah suatu proses kimiawi yang terjadi di dalam tubuh semua makhluk hidup, proses ini merupakan pertukaran zat ataupun suatu organism dengan lingkungannya. Metabolisme berasal dari bahasa Yunani, yaitu “metabole” yang berarti perubahan, dapat kita katakana bahwa makhluk hidup mendapat, mengolah dan mengubah suatu zat melalui proses kimiawi untuk mempertahankan hidupnya. Proses metabolisme dalam tubuh makhluk hidup berbeda antara satu dan yang lainnya. Antara tumbuhan tingkat tinggi dan tumbuhan tingkat rendah memiliki proses metabolisme yang berbeda, antara hewan dan manusia juga memiliki proses metabolisme yang berbeda.

JENIS-JENIS METABOLISME
1. Katabolisme  merupakan penguraian suatu zat menjadi partikel yang lebih kecil untuk dijadikan energy. proses ini disebut juga dengan proses eksergonik karena membebaskan energi melalui perombakan nutrien atau molekul kompleks. Salah satu contoh proses katabolisme yang terjadi apda semua makhluk hidup adalah proses respirasi seluler. Pada respirasi seluler ini bahan makanan yang dikonsumsi tubuh seperti karbohirat, protein dan lemak diuraikan lagi menjadi molekul-molekul sederhana dan kecil . Sebelum digunakan oleh tubuh energi hasil dari katabolisme ini harus diubah dulu menjadi ATP (Adenosine Ttrifosfat).

2. Anabiolisme merupakan reaksi untuk merangkai senyawa organic dari molekul molekul tertentu agar dapat diserap oleh tubuh.atau Anabolisme adalah proses penyusunan molekul-molekul besar atau kompleks melalui proses sintetis molekul-molekul yang lebih kecil atau sederhana. Atau bisa juga dikatakan dari senyawa anorganik menjadi senyawa organik yang lebih komplek. Proses yang terjadi pada anabolisme disebut juga dengan proses endergonik karena menggunakan energi untuk proses sintetis molekul-molekul kecil menjadi molekul kompleks. Salah satu contoh dari anabolisme adalah proses fotosintesis. Pada proses fotosintesis diperlukan CO2 dan H2O dan dengan bantuan energi dari cahaya matahari akan terbentuk amilum sebuah molekul atau senyawa yang dibutuhkan untuk daur hidup tumbuhan.

FUNGSI ENZIM DALAM PROSES METABOLISME
a. Heksokinase berfungsi untuk mengubah glukosa menjadi 6-fosfat.
b. Fosfoglukoisomerase berfungsi untuk mengubah glukosa 6-fosfat menjadi fruktosa 6 fosfat
c. Fosfofruktokinase berfungsi untuk mengubah fruktosa 6 fosfat menjadi fruktosa 1,6 bifosfat.
d. Aldolase berfungsi untuk mengubah fruktosa 1,6 bifosfat menjadi gliseraldehid 3-fosfat (G3P)
e.Triose fosfat dehidrogenase berfungsi untuk mengubah gliseraldehid 3-fosfat menjadi 1,3-bifosfogliserat (BPG).
f. Fosfogliseserokinase berfungsi untuk mengubvah 1,3-bifosfogliserat menjadi 3-fosfogliserat (3PG).
g. Fosfoglisromutase berfungsi untuk mengubah 3-fosfogliserat menjadi 2-fosfogliserat (2PG)
h. Enolase berfungsi untuk mengubah 2-fosfogliserat fosfoenolvirupat (PEP)